RSS

Saraf Manusia

06 Jun

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

رفع القلم عن ثلاثة : عن النائم حتى يستيقظ وعن المبتلي حتى يبرأ وعن الصبي حتى يكبر

”Pena (catatan amal) diangkat dari tiga golongan: orang yang tidur sampai ia bangun, orang yang hilang ingatan sampai kembali ingatannya dan anak kecil sampai ia dewasa.”(HR. Abu Dawud, ta-Tirmidzi, an-Nasaa’i dan lain-lain, dan dishahihkan oleh Al-Albani rahimahullah)

Telah terbukti dalam ilmu kedokteran modern bahwa sel-sel manusia yang ada dalam kulit, otot, tulang, dan mata, semuanya diperbaharui setiap tujuh tahun sekali kecuali sel-sel saraf. Karena sel-sel saraf tersebut berheti dari pertumbuhannya kira-kira pada usianya tujuh tahun, yang mana 9/10 dari otaknya tumbuh di masa-masa itu. Dan kalau tidak demikian, maka seandainya sel saraf itu berubah niscaya akan berubah pula kepribadian manusia, dan pasti ia memiliki beberapa tingkah laku dalam satu hari. Dam ini termasuk keajaiban Allah dan rahmat-Nya, karena Allah Subhanahu wa Ta’ala mengangkat taklif (beban syari’at) dari selain mukallaf (orang yang sudah dikenai bebab syari’at). Yaitu, orang-orang yang belum sempurna pertumbuhannya.

Kemuidan jika seorang anak menjadi besar mapanlah kepripadiaannya bersamaan dengan mantapnya (mapan) sel-sel sarafnya yang sudah tidak bertambah dan berkurang lagi karena kerusakan, atau penyakit. Dan jika tidak demikian niscaya terhentlah fungsi akal. Maka Mahasuci Allah Yang Mahamulia, Dia berfirman:

كُلُّ شَيْءٍ هَالِكٌ إِلَّا وَجْهَهُ لَهُ الْحُكْمُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

”Tiap-tiap sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. Bagi-Nya lah segala penentuan, dan hanya kepada-Nya lah kamu dikembalikan.”(QS. Al-Qashash: 88)

 

Sumber : http://www.alsofwah.or.id/

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 Juni 2011 in Islami

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: